LDR, Jauh Dimata Dekat Disosmed

 

Ilustrasi – fadli ulil

 

Ldr, atau kepanjangan dari Long Distance Relationship merupakan sebuah hubungan percintaan jarak jauh di antara dua insan yang berbeda. Tapi bedanya sih nggak sampai beda alam gitu, cuma beda kota, beda provinsi, beda negara atau mungkin juga bisa sampai beda planet kali ya. “Masa siiih?”  hehehe.

Jadi bisa diartikan kalau Ldr  itu merupakan hubungan percintaan jarak jauh. Inget lho! hubungan percintaan jarak jauh, bukannya jarak dekat. Jadi kalau kamu cuma macarin anak tetangga aja sih itu namanya bukan Ldr, tapi itu lebih cocok disebut dengan pacar lima langkah. Yaa kan?.

Keluhan utama para pelaku Ldr adalah jarak, faktor tempat tinggal yang saling berjauhan diantara mereka itulah yang menyebabkan para pelaku Ldr  jadi jarang bertemu, nah karena jarang bertemu itulah yang menyebabkan perasaan mereka menjadi kayak lagu dangdut yang berjudul “Gegana” atau kepanjangan dari Galau, gelisah dan merana. Merasa Gegana mungkin karena mereka harus saling menguatkan diri dari menahan rasa kangen gitu.

Banyak cara yang biasanya dilakukan oleh para pelaku Ldr  buat mengobati rasa kangen, mulai dari mendengarkan lagu yang bertemakan rindu, saling berkirim pesan, teleponan, chattingan, video call dan sebangsanya.

Jauh Dimata

Ada banyak alasan kenapa seseorang harus mau menjalani hubungan Ldr  yang bikin jauh dimata gitu, entah karena pacarnya ngambil kuliah di luar negerilah, terpaksa ikut orangtua yang punya pekerjaan dan urusan bisnis di luar negerilah, atau emang karena urusan lainnya yang menyebabkan hubungan kamu jadi Ldr  kayak kisah asmaranya Rangga dan Cinta dalam Film AADC (Ada Apa Dengan Cinta) yang nggak bisa ketemu sampai beberapa purnama lamanya.

Hubungan jarak jauh itu emang bikin kangen, katanya sih saking kangennya bisa sampai menyebabkan tumbuhnya jerawat gitu. Emang ngaruh ya? tapi terlepas itu mitos atau bukan, yang pasti kadang pelaku Ldr itu emang suka lupa diri kalau lagi kangen-kangenan gitu. Teleponan, chattingan bahkan cuma buat mandangin foto pacarnya aja bisa sampai berjam-jam dan bahkan sampai bikin kamu jadi jarang mandi. So, karena jarang mandi itulah mungkin yang bikin jerawat bisa tumbuh subur di wajah kamu.

Selain bisa tumbuh jerawat, terkadang rasa kangen juga bisa menumbuhkan ide dan kreatifitas juga lho! Misalnya gara gara kamu lagi kangen banget sama dia kamu jadi punya inspirasi buat bikin puisi, buat bikin lagu yang bernuansakan rindu atau mungkin juga kamu dapat ide buat menuliskan kisah cinta kamu menjadi sebuah cerita novel. Kereeen kan!.

Dekat Di Sosmed

Untuk saling bertanya kabar atau mungkin cuma buat sekedar saling mengobati rasa rindu, salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh para pelaku Ldr  adalah dengan cara berkirim pesan.

Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini tentu nggak akan sama seperti pada waktu jamannya kerajaan maja pahit dulu. Sekarang pesan yang di kirim tidak perlu lagi harus menggunakan jasa burung merpati untuk mengirimkannya, karena bisa aja burungnya keburu mati sebelum suratnya itu sampai ke tujuan.

Seperti ada kemungkinan mati karena tertusuk anak panah pada saat ada peperangan, mungkin juga mati karena faktor fisiknya melemah gara-gara harus mengirimkan surat yang jauhnya sampai ke kerajaan mongol, atau emang burungnya aja yang udah males nganterin surat karena gajinya terlalu kecil dan nggak kunjung naik padahal dia udah bekerja sampai bertahun-tahun, pokoknya segala kemungkinan itu bisa aja terjadi deh.

Di era digital seperti sekarang ini, berkirim pesan nggak cuma dapat dilakukan dengan cara surat menyurat aja. Tapi sekarang ini berkirim pesan bisa juga melalui Sosial Media (Sosmed). Hanya cukup bermodalkan komputer, leptop, smartphone maupun gadget lainnya. Asalkan kamu memiliki kuota internet, kamu udah bisa berkirim pesan melalui berbagai Sosmed yang kamu miliki seperti bbm, whatsapp, line atau bisa juga chattingan melalui yahoo, facebook dan sebangsanya. Tidak hanya itu, tapi kamu juga dapat bertatap muka langsung dengan pacar kamu yang jauh disana hanya dengan cara video call.

Dengan adanya Sosmed, kamu akan merasa lebih mudah dan nggak akan merasa terhalang oleh jarak, ruang dan waktu. Jadi walaupun kamu menjalin hubungan secara Ldr, di era Sosmed ini kamu masih bisa sering melepas rindu kok!.

Bedanya, kalau dulu sebelum ada Sosmed kamu akan lebih menghargai waktu walaupun sedikit pada saat bertemu dengan kekasih mu dan selalu berusaha untuk menjaganya dengan kesetiaan.

Sedangkan Ldr  pada era Sosmed seperti sekarang ini akan lebih banyak lagi godaannya, ketipu foto profile aja bisa jadi selingkuh, yaa kan? Makannya kamu harus bisa jaga kesetiaan dalam setiap penantian yang kamu lakukan.

So, apa pun zamannya, yang di butuhkan oleh para pelaku Ldr  itu adalah kesetiaan. Bukankah cinta akan lebih teruji ketika dipisahkan oleh jarak, ruang dan waktu? Dan hanya dengan kesetiaanlah kamu dapat mempertahankannya.

fadli ulil

Seorang blogger yang ingin berbagi manfaat lewat tulisan.

4 thoughts on “LDR, Jauh Dimata Dekat Disosmed

  • March 30, 2017 at 10:42 am
    Permalink

    Dengan adanya sosial media, LDR jadi tak berasa gan. hehe

    Reply
    • March 30, 2017 at 1:31 pm
      Permalink

      Betul… Betuuul… Betuuul Bung Husni, Hehehe…

      Mkasih udah mampir.

      Reply
  • April 6, 2017 at 5:18 pm
    Permalink

    lumayan sekarang bisa dekat karena ada sosmed, jaman aku pakai wartel alias warung telkom pakai ngantri pula, haha

    Reply
    • April 7, 2017 at 4:45 pm
      Permalink

      Iya mbak tuty, saya juga ngalamin mbak pakai, kangenan lewat telp koin juga pernah mbak tapi seru kan… Hehehe

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *