Habis Gelap Tak Kunjung Move on

Habis Gelap Tak Kunjung Move On

 

Putus cinta itu emang sama nggak enaknya dengan putus tali kolor, sama-sama bikin ribet. Perasaan bawaannya jadi pengen ngegalau terus. Saking galaunya kadang sampai lupa buat melaksanakan tugas dasar sebagai manusia normal pada umumnya, yaitu lupa makan dan mandi. Malah saking lupanya, kadang makan juga sambil mandi.

Butuh proses penyembuhan yang cukup lama bagi si penderita patah hati yang sudah akut. Mungkin karena cintanya pada sang kekasih sudah terlalu dalam sedalam sumurnya tetangga sebelah, jadi ketika putus bikin susah move on gitu.

Menurut penuturan dan pengalaman dari beberapa sumber yang nggak mau disebutkan namanya (sebut saja Bunga), ditemukan ada beberapa penyebab kenapa seseorang jadi sulit buat move on.

Pertama, nggak terima diputusin. Nggak ada angin, nggak ada hujan, bahkan jemuran pun sudah diangkat, tapi kok tiba-tiba pacar kamu minta putus. Ketika ditanya, “Apa alasannya?” nggak pernah jelas, mana ada yang bakal terima kalau diputusin secara sepihak kayak gitu, iya kan?.

Kedua, ngerasa udah cocok banget. Wajahnya, matanya, bibirnya, hidungnya yang mancung banget udah kayak hidung Pinokio, ya walaupun lubang hidungnya gede banget dan sering kesedak air kalau lagi minum, tapi pokoknya kamu udah ngerasa cocok banget deh sama dia dan berpikir kalau dia tuh pasangan idaman banget, sampai kamu yakin kalau hubungan kamu bersamanya itu bakal sampai dibawa ke pelaminan. Tapi kadang ekspektasi emang sering berbeda dengan realitas. Bukannya jadi kenyataan, malah kamu diputusin di tengah jalan. Kan jadi bikin termehek-mehek dan nggak rela gitu. Alhasil malah bikin kamu galau berkepanjangan dan bikin susah buat move on.

Ketiga, masih stalking mantan. Salah satu penyebab yang bikin kamu susah move on itu adalah ketika kamu masih sering kepo sama apa yang dilakuin sama mantan kamu, istilahnya stalking mantan gitu deh. selama kamu masih terus mencari tahu tentang dia, selama itu juga kamu bakalan semakin susah buat move on.

Keempat, masih menyimpan barang-barang pemberian dari mantan. Jadi, kalau kamu mau move on, mendingan jauhin deh tuh semua hal yang bakal bikin kamu keingetan sama dia lagi. Seperti barang-barang yang pernah dia kasih ke kamu, karena itu bisa menyebabkan kamu kembali keingetan sama dia.

Kelima, belum ada orang yang seperti dirinya dan dia belum bisa tergantikan. Nah, begini nih jadinya kalau sudah dibutakan oleh cinta. Walaupun udah diputusin, tetep aja ngotot pengen terus sama dia. Kalaupun bukan sama dia, syaratnya kamu pengen kalau sampai punya pacar lagi orangnya harus mirip kayak dia. “Laaah bijimana ceritanya, kalau kelakuan buruknya juga sama kaya dia gimana?” Sama-sama sering bohong, sering nggak perhatian, sering kentut sembarangan atau sering ngupil dipeperin ke sembarang tempat gitu, repot kan? Inget! Kembar aja serupa tapi tak sama, masa kamu mau cari pasangan tapi pake syarat harus sama dengan mantanmu. “Sadar woy sadar!”.

Keenam, belum bisa melupakan dia dan kenangan bersamanya. Wajar aja sih kalau kamu nggak bisa lupa, toh kamu juga belum pikun dan nggak amnesia kan? Kenangan baik atau buruk itu emang bukan untuk dilupakan, tapi buat dijadikan cerminan. Kesalahannya untuk diperbaiki dan kebaikannya untuk dijadikan pedoman.

Jadikan kenangan masa lalumu bersamanya itu ibaratkan kaca spion yang fungsinya hanya untuk melihat ke belakang karena kamu tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama, bukan kenangan yang dapat membelenggu dan membebani hidupmu.

So, kamu mau move on atau emang masih betah ngegalau?

Inget! Dunia ini nggak selebar daun kelor. Cinta juga bukan untuk dibikin galau. Daripada terus meratapi keadaan, mendingan kamu coba untuk menikmati kehidupan.

Jaman udah maju, bahkan lebih maju dibandingkan bibirnya Tukyul Arwana.

Jadi, kamu bisa dengan mudah buat mencari pengganti. Misalnya dengan cara mencari pacar baru lewat situs dan aplikasi pencari jodoh, atau kalau gengsi paling nggak kamu bisa minta tolong sama temen kamu yang kamu anggap paling gaul seantero planet bumi ini untuk mencarikan pacar baru buat kamu.

Jadi jangan menyerah, kamu tahu kan tulisan fenomenal dari R. A. Kartini yang berbunyi “Habis gelap terbitlah terang?” Masa kamu sebagai pemuda harapan bangsa pembayar hutang negara jadi gampang galau gitu. Jangan sampai tulisan itu berubah kata menjadi “Habis gelap (Putus) tak kunjung Move on” cuma gara-gara kamu selalu meratapi keadaan.

Bukankah putus cinta itu biasa? Kalau dibawa galau kamu bisa merana, apalagi kalau sampai tak kunjung move on, wah! Kalau begitu kamu bisa tersiksa.

 

Menurut kamu bagaimana?

tulis pendapat kamu di kolom komentar aja yah, sekian dan terima kasih.

fadli ulil

Seorang blogger yang ingin berbagi manfaat lewat tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *